Tidak Tahu


posted by Tyara Mandasari on

No comments

Sudah lama tidak menulis di sini, dan sekarang saya memilih hari Natal untuk bercerita. Tidak, saya tidak merayakan Natal, tapi saya merayakan ulang tahun pernikahan kedua orang tua saya yang ke-26. Selamat ulang tahun pernikahan, Mama dan Papap :)

25 Desember 2013, 7 hari sebelum memasuki 2014, 35 hari sebelum saya berusia 25. Waktu terlalu cepat, bukan? Masih banyak yang belum saya lakukan, tetapi saya sudah hampir seperempat abad. Namun, sungguh saya bersyukur karena Tuhan begitu baik memberikan saya hidup hingga saat ini.

Sebenarnya saya tidak tahu harus menulis apa, tidak tahu harus mulai dari mana, tidak tahu mau bercerita seperti apa. Tidak tahu. Yang saya tahu, saat saya menulis ini saya sedang memikirkan seseorang. Ia hadir enam tahun lalu, ketika saya belum tahu siapa saya, apa yang saya inginkan, dan apa yang saya butuhkan. Enam tahun lalu, tapi entah kenapa rasanya masih seperti kemarin.

Sekarang, saya sedang bertanya pada diri sendiri: apa kata hati saya?

Sejujurnya saya sedang bingung, bingung dengan perasaan saya sendiri, bingung tentang apa yang harus saya lakukan. Ketika sedang bingung, banyak orang bilang tanya pada hati apa yang benar-benar kita inginkan. Saya coba, saya tanya hati saya. Jawabnya: Tidak tahu.

Selama enam tahun, baru sekarang saya menyadari sesuatu. Perasaan saya padanya tidak pernah berubah, masih ada dan masih sama. Enam tahun, dan baru sadar, saya benar-benar merasa bodoh. Tapi aneh, saya justru tidak tahu apa yang hati saya mau. Lalu, apa yang harus saya lakukan?

Saya bilang perasaan saya masih ada dan masih sama, lalu mengapa saya bilang saya tidak tahu apa kata hati saya? Satu hal, perasaan ini, yang masih ada dan masih sama ini, tidak bisa saya definisikan. Enam tahun lalu bahkan saya belum tahu siapa saya, jadi sekarang saya tidak tahu perasaan apa yang saya punya padanya. Apakah suka, apakah kagum, apakah sayang, apakah penasaran, apakah apa. Tidak tahu. Saya tidak tahu.

Tolong, beritahu saya.

Now, I'm in the middle of left and right, but I don't know which way I should take.